Audit Sistem Informasi dalam Konteks Pendidikan: Studi Evaluasi di SD dan SMP Penajam Paser Utara

Authors

  • Hasan Riyadi STMIK Borneo Internasional Balikpapan
  • Joy Nashar Utamajaya STMIK Borneo Internasional Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.61132/saturnus.v2i3.277

Keywords:

evaluasi sistem informasi, Penajam Paser Utara, SD, SMP, sistem pendidikan

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi sistem informasi dalam konteks pendidikan di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Penajam Paser Utara. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas dan kepatuhan sistem informasi yang ada dalam meningkatkan proses administratif dan pendidikan. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Temuan menunjukkan bahwa meskipun ada kemajuan signifikan dalam adopsi sistem informasi, tantangan seperti integrasi sistem, pelatihan pengguna, dan dukungan teknis masih ada. Tantangan ini mempengaruhi efisiensi dan efektivitas keseluruhan sistem. Implikasi dari temuan ini menunjukkan perlunya perbaikan terarah dalam pelatihan sistem, dukungan, dan strategi integrasi untuk meningkatkan efektivitas sistem informasi di institusi pendidikan.

Published

2024-07-25

How to Cite

Hasan Riyadi, & Joy Nashar Utamajaya. (2024). Audit Sistem Informasi dalam Konteks Pendidikan: Studi Evaluasi di SD dan SMP Penajam Paser Utara. Saturnus : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(3), 245–255. https://doi.org/10.61132/saturnus.v2i3.277

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.