Audit Sistem Informasi Menggunakan Metode ITIL V.3 Domain Services Design

Studi Kasus Sistem Evoluz

Authors

  • Wisnu Muamar Universitas Amikom Purwokerto
  • Sigit Setoyoko Universitas Amikom Purwokerto
  • Fadil Tazakka Pribadi Universitas Amikom Purwokerto
  • Diya Ulhaq Jauhari Budiarto Universitas Amikom Purwokerto
  • Jeffri Prayitno Bangkit Saputra Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.61132/saturnus.v3i1.663

Keywords:

Evoluz, ITIL V.3, Service Design, task management, system audit, service quality

Abstract

Perkembangan digitalisasi menjadikan teknologi informasi sebagai elemen penting bagi organisasi dalam menghadapi dinamika bisnis yang kompleks. Evoluz adalah sistem manajemen tugas dan pelaporan yang bertujuan untuk mempermudah alur kerja internal dan meningkatkan layanan pelanggan. Penelitian ini mengevaluasi sistem Evoluz menggunakan kerangka ITIL V.3, khususnya domain Service Design, untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan serta memberikan rekomendasi perbaikan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif terstruktur melalui survei, wawancara, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Evoluz efektif dalam manajemen tugas, ditemukan beberapa kesenjangan pada komponen ITIL seperti Service Catalogue Management dan Service Level Management. Sebanyak 25% SLA tidak tercapai, dan katalog layanan belum komprehensif. Rekomendasi perbaikan meliputi pembaruan katalog layanan, otomatisasi pemantauan SLA, serta peningkatan kapasitas dengan migrasi ke cloud.

References

Bernanda, D. Y., Widjaja, M. D., Sutria, K., Rahman, M. R., & Andry, J. F. (2023). Audit Sistem Jubelio Pada Perusahaan Peralatan Elektronik Menggunakan Domain Service Design ITIL V3. Jurnal Fasilkom, 13(3), 554–562. https://doi.org/10.37859/jf.v13i3.5978

DWI JULISA UTARI, Nurcahyo, G. W., & Yunus, Y. (2023). Sistem pendukung keputusan menggunakan metode analytical hierarchy process (ahp) dalam penentuan kualitas bibit cabai. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 4(1), 106–115. https://doi.org/10.37859/coscitech.v4i1.4743

Haryanti, T., & Pribadi, A. (2019). E-commerce service design readiness using ITIL framework with IT balanced scorecard objective (Case Study: University e-Commerce). Procedia Computer Science, 161, 283–290. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.125

Istiawan, N., & Nuralia, N. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Koleksi Museum Berbasis Web (Studi Kasus Museum Negeri Provinsi Lampung). Jurnal Informatika Dan Rekayasa …, 2(1), 102–109. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/731%0Ahttps://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika/article/download/731/268

Kumala, N. K. R., Puspaningrum, A. S., & Setiawansyah, S. (2020). E-Delivery Makanan Berbasis Mobile (Studi Kasus : Okonomix Kedaton Bandar Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 105–110. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.607

Megawaty, D. A., Setiawansyah, S., Alita, D., & Dewi, P. S. (2021). Teknologi dalam pengelolaan administrasi keuangan komite sekolah untuk meningkatkan transparansi keuangan. Riau Journal of Empowerment, 4(2), 95–104. https://doi.org/10.31258/raje.4.2.95-104

Pirinen, R., & Rajamäki, J. (2010). Integrative Student-Centered Research and Development Work (Issue May). http://www.laurea.fi/en/Research/Publications/Publication_archive/Documents/B37.pdf

Rabhani, A. P., Maharani, A., Putrie, A. A., Anggraeni, D., Azisabil, H. F., Cantika, I., Cahyani, I., Destianti, L. L., Mahmud, P. T., & Firmansyah, R. (2020). Audit Sistem Informasi Absensi Pada Kejaksaan Negeri Kota Bandung Menggunakan Framework Cobit 5. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 9(2), 275–280. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v9i2.890

Reginal, U., & Rahmadhani, A. Y. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Web Jasa Tour Dan Travel. Jurnal Ilmu Data, 1(1), 2021. http://ilmudata.org/index.php/ilmudata/article/view/18

Suroso, F., Febriza Imansuri, Gita Mustika Rahmah, & Thoriq Albar Prabaswara. (2024). Audit Aplikasi Dana Berdasarkan Pengguna Menggunakan Framework Itil V3 Domain Service Operation. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(1), 260–266. https://doi.org/10.51454/decode.v4i1.292

Vilarinho, S., & Da Silva, M. M. (2013). Risk management model in ITIL. Sociotechnical Enterprise Information Systems Design and Integration, 207–214. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-3664-4.ch013

Downloads

Published

2025-01-18

How to Cite

Wisnu Muamar, Sigit Setoyoko, Fadil Tazakka Pribadi, Diya Ulhaq Jauhari Budiarto, & Jeffri Prayitno Bangkit Saputra. (2025). Audit Sistem Informasi Menggunakan Metode ITIL V.3 Domain Services Design : Studi Kasus Sistem Evoluz. Saturnus : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 94–103. https://doi.org/10.61132/saturnus.v3i1.663

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.