Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Pengelolan Persediaan BMD di SMK Negeri 17 Jakarta Menggunakan Metode Service Quality

Authors

  • Bagus Wibisono STMIK Widuri
  • Goldie Gunadi STMIK Widuri

DOI:

https://doi.org/10.61132/uranus.v2i4.458

Keywords:

BMD, asset management application, user satisfaction, SERVQUAL, service quality

Abstract

This study aims to analyze user satisfaction with the inventory management application for Regional-Owned Assets (BMD) at SMK Negeri 17 Jakarta using the SERVQUAL method. The application was implemented to enhance asset management efficiency, but challenges such as data inaccuracies and limited user skills hinder its effectiveness. The SERVQUAL method evaluates five service quality dimensions: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy, by measuring the gap between user expectations and perceptions. The findings reveal that all service quality dimensions have negative GAP values, particularly in reliability and tangibles, indicating that the application has not fully met user expectations. Therefore, improvements in system reliability, application design, and technical training are essential to optimize the use of the application for effective asset management in the school.

References

Arif Nurfadli, L. & R. P. (2020). Analisis Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan kepada Siswa menggunakan Metode CSI dan SERVQUAL. Analisis Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan Kepada Siswa Menggunakan Metode CSI Dan SERVQUAL, 300–306. https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/1250%0Ahttps://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/viewFile/1250/1013

Adiyantari, Y. (2024). Implementasi Algoritma Machine Learning Untuk Prediksi Awal Stunting Pada Anak Usia Dini Berdasarkan Tinggi Badan Dan Berat Badan. Modem: Jurnal Informatika dan Sains Teknologi., 2(3), 102-111.

Fahmi, M., Rahman, A., Chumaidiyah, E., & Tripiawan, W. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pada Bisnis Online Shop Femmeshouse Information System Design in Online Shop Femmeshouse Business. 8(6), 12354–12369.

Manajemen, A., Fadhil, M., & Dwiharyadi, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Kesiapan Pemerintah Daerah Dalam Menerapkan Permendagri Nomor 47 Tahun 2021 Perihal Pemanfaatan Aplikasi e-BMD Dalam Pengelolaan Barang Milik Daerah Kota Bukittinggi. 17(2), 41–57.

Mardiah, A. A., & Sarumaha, S. S. (2024). Analisa sistem penyimpanan dokumen di UNIT Sekretariat RS Grha Kedoya dengan metode UAT Jakarta Barat. Bridge: Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Telekomunikasi, 2(3), 75-79.

Mutiah, T., Albar, I., Fitriyanto, & A.Rafiq. (2019). Etika Komunikasi Dalam Menggunakan Media Sosial. Global Komunika, 1(1), 14–24. http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/107/105%0Ahttps://core.ac.uk/download/pdf/287201763.pdf

Natalia, V., Pusparini, N.N. and Sarumaha, S.S., 2024. Analisis Sistem Kinerja SIAKAD untuk Pembayaran SPP Mahasiswa pada STMIK Widuri dengan Metode PIECES. Modem: Jurnal Informatika dan Sains Teknologi., 2(4), pp.229-244.

Penelitian, A., Teknik, F., Negeri, U., Penelitian, H. B. P., Teknik, F., Negeri, U., Teknik, F., Negeri, U., & Wlan, J. (n.d.). ANALISIS QOS ( QUALITY OF SERVICE ) JARINGAN WIRELESS LOCAL AREA NETWORK DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA QOS ( QUALITY OF SERVICE ) WIRELESS LOCAL AREA NETWORK ANALYSIS IN THE ENGINEERING FACULTY OF UNIVERSITAS NEGERI YOGAKARTA. 1–6.

Putera, A. R., & Ibrahim, M. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Peminjaman dan Pengembalian Buku Perpustakaan SMP Negeri 1 Madiun. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 57. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.2025

Sani, Asrul, dkk. "Model adopsi e-bisnis dalam konteks organisasi pada model TAM yang diperluas: Penilaian awal." Konferensi internasional ke-8 tentang manajemen layanan siber dan TI (CITSM) tahun 2020. IEEE, 2020.

Sani, Asrul, Ninuk Wiliani, dan T. Husain. "Pengujian Kegunaan Spreadsheet dalam Model Nielsen di antara Pengguna ITSME untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan." Jurnal Eksplorasi Ilmiah Eropa 2.6 (2019): 1-9.

Sani, Asrul. "Integrasi Model Kesiapan dan Adopsi Teknologi untuk Menilai Penggunaan TI di Kalangan UKM di Indonesia." (2018).

Sani, Asrul. "PEMBUATAN VIDEO PENDIDIKAN DENGAN TEKNIK ANIMASI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR." Jurnal Internasional Pengajaran dan Pembelajaran 2.4 (2024): 1128-1134.

Sentia, T., Mustafia, M., & Zuraidah, E. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada E-learning di Sekolah Menggunakan Metode Servqual. Journal of Informatics Management and Information Technology, 2(3), 100–108. https://doi.org/10.47065/jimat.v2i3.167

Sarumaha, S. S., & Taufik, A. (2024). Penilain Aplikasi Veryeasy Accounting Solution Pada Apotik Sari Murah Dengan Metode UAT. Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Manajemen Bisnis, 3(1), 47-55.

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Bagus Wibisono, & Goldie Gunadi. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Pengelolan Persediaan BMD di SMK Negeri 17 Jakarta Menggunakan Metode Service Quality. Uranus : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, Sains Dan Informatika, 2(4), 01–11. https://doi.org/10.61132/uranus.v2i4.458

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.