Pengembangan UMKM Dengan Pembuatan Daftar Menu Menarik dan Banner di Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan

Authors

  • Rizma Melina Oktabian Alifani Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Nadifa Salsabilah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Alfina Rahma Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Mila Hariani Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Rommy Hardyansah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Misbachul Munir Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Jahroni Jahroni Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61132/bumi.v2i4.446

Keywords:

MSME, Menu List, Banners

Abstract

Community service is a form of implementation of the Tri Dharma of Higher Education, with the aim of having a positive impact on society. This activity was carried out on 29 July 2024 in Pasinan Village, Lekok District, Pasuruan, with a focus on developing local Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). The Unsuri team collaborated with MSME players in designing marketing strategies through attractive menu list and banner designs. The approach used is participatory, where MSME players are actively involved in every stage of planning. The methods used include field observations, interviews, design, and implementation of marketing strategies based on the results of MSME needs analysis. Active participation from villagers is expected to increase programme engagement and sustainability, as well as strengthen the competitiveness of local products. The results of this programme show an increase in the visual appeal and professional image of MSMEs, which has a positive impact on sales potential and the village economy.

References

Alifani, R. M. O., Ernawati, E., Arifin, S. F. A., Rodiyah, S. K., Safira, M. E., Mardikaningsih, R., & Hamzah, Y. S. (2024). Inovasi pertanian: Meningkatkan ekonomi dengan tanaman hidroponik. Manfaat: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(2), 1–11.

Amelia, D., Arisanty, D., & Kumalawati, R. (2021). Hubungan kondisi sosial ekonomi masyarakat dengan kualitas rumah tinggal di Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 5(2).

Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2017). Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis industri kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 1(1), 120-142.

Anjanarko, T. S., & Mardikaningsih, R. (2022). Visual merchandising dan motivasi hedonik terhadap pembelian impulsif. Ekonomi Keuangan Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 445–450.

Arifin, S., & Sinambela, E. A. (2021). Studi tentang kinerja karyawan ditinjau dari keberadaan sistem informasi akuntansi dan pengendalian internal. Realible Accounting Journal, 1(1), 58–70.

Bayhaqi, H. N., Sulaiman, S., Darmawan, D., Arifin, S., Rizky, M. C., Munir, M., & Putra, A. R. (2024). Penerapan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan pada usaha mikro super baret konveksi di Kampung Topi Punggul Sidoarjo. Economic Xenization Abdi Masyarakat, 2(2), 6–12.

Darmawan, D. (2024). Distribution of six major factors enhancing organizational effectiveness. Journal of Distribution Science, 22(4), 47-58.

Darmawan, D., & Arifin, S. (2021). Studi empiris tentang kontribusi harga, varian produk, dan kemasan terhadap pembentukan minat beli produk sabun mandi batang: Studi kasus terhadap pekerja rantau di Kota Surabaya. Bisman (Bisnis Dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 4(2), 99–116.

Darmawan, D., Arifin, S., & Putra, A. R. (2018). Teknik komunikasi. Metromedia.

Darmawan, D., Mardikaningsih, R., Halizah, S. N., Putra, A. R., Retnowati, E., Munir, M., & Arifin, S. (2023). Tinjauan strategis: Pengaruh keunggulan kompetitif dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis UMKM dalam konteks pasar yang kompetitif. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 3(10), 427–436.

Ernawati, E., Mardikaningsih, R., Darmawan, D., & Sinambela, E. A. (2022). Pengembangan keunggulan kompetitif UMKM melalui strategi orientasi pasar dan inovasi produk. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 5(2).

Fuady, A. H. R., Putri, A. E., Badriyah, L., Masnawati, E., Retnowati, E., Darmawan, D., & Mardikaningsih, R. (2024). Workshop pengembangan bisnis melalui media elektronik berbasis sosio-technopreneur terhadap usaha desa dengan produk es cream desa Wilayut. Bumi: Jurnal Hasil Kegiatan Sosialisasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 48–55.

Gautama, N. M., Santosa, H., & Swandi, I. W. (2019). Pemanfaatan warna pada poster buku cerita bergambar sejarah Pura Pulaki. Jurnal Desain, 7(1), 71-84.

Halizah, S. N., Chasanah, U., Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2024). Strategi peningkatan kinerja bisnis kuliner melalui optimalisasi kualitas produk dan kualitas pelayanan. At-Tasyri’: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 3(01), 85–100.

Hamzah, Y. S., Purwantiningsih, B., & Ariadi, M. I. (2019). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan handycraft kulit kerang untuk meningkatkan perekonomian rumah tangga di Banjar Kemuning Sedati Sidoarjo. Soeropati: Journal of Community Service, 1(2), 217–227.

Hardiyanti, M. T., & Darmawan, D. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli sandal di Surabaya: Harga, distribusi, dan gaya hidup. PPIMAN: Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 332–345.

Hidayati, N., Sasmita, F. E., Shofiyah, R., Safira, M. E., El-Yunusi, M. Y. M., Darmawan, D., & Negara, D. S. (2024). Pembuatan SELAT (Secang Latte) bersama Ibu PKK sebagai sarana untuk meningkatkan UMKM di Kecamatan Rungkut. MENGABDI: Jurnal Hasil Kegiatan Bersama Masyarakat, 2(2), 56–66.

Ikhwanuddin, I., Triono, B., Shaleh, M., Sudarso, S., Diba, F. F., Hamzah, Y. S., & Farid, M. (2023). Pemberdayaan UMKM pembuat roti dengan meningkatkan kapasitas produksi melalui pelatihan membuat mesin mixer adonan roti di Desa Banjarkemantren Buduran Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 38–44.

Ilham, M., Lihani, M., Rizky, M. C., Wulandari, W., Munir, M., Retnowati, E., & Dzinnur, C. T. I. (2023). Pelatihan content creator dengan tema prospek bisnis yang menjanjikan pada masyarakat Desa Panjunan, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, sebagai bentuk meningkatkan kompetensi mahasiswa oleh mahasiswa Universitas Sunan Giri Surabaya. ARDHI: Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 1(5), 07–13.

Jahroni, J., & Karimullah, F. A. F. (2021). Pengaruh promosi, kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk rokok Sampoerna A Mild di Rungkut Surabaya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 31–39.

Khasanah, H., Arum, S., & Darmawan, D. (2010). Pengantar manajemen bisnis. Spektrum Nusa Press.

Khayru, R. K., Wisnujati, R. N. S., Darmawan, D., & Issalillah, F. (2021). Pengamatan loyalitas merek obat herbal berdasarkan kemasan dan harga. Jurnal Simki Economic, 4(2), 121–132.

Kinton, & Caserani. (2000). The theory of catering. Hodder & Stoughton.

Kristiyanti, M., Subiyantoro, E., & Nurzaman, M. (2016). Keberanian wirausahawan dalam pengelolaan UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(3), 123-135.

Kusnadi. (2018). Dasar desain grafis. Edu Publisher.

Lestari, U. P., Masithoh, N., Halizah, S. N., Retnowati, E., Hidayatullah, A., Munir, M., & Mardikaningsih, R. (2021). Pengamatan terhadap perilaku pembelian tiket: Mengungkap faktor-faktor menarik yang mempengaruhi niat beli tiket pada situs Traveloka di Kota Surabaya melalui kepercayaan dan kredibilitas informasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 53–60.

Lidyawati, C. O. E., Sasmita, F. E., Mardikaningsih, R., Issalillah, F., Aliyah, N. D., Khayru, R. K., & Darmawan, D. (2024). Inovasi bisnis keripik pisang: Membangun ekonomi desa dengan ide kreatif. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(3), 185–194.

Mardikaningsih, R. (2023). Keberhasilan berwirausaha ditinjau dari faktor keterampilan dan efikasi diri: Studi kasus pada pedagang kaki lima di Gading Fajar Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 33–41.

Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2023). Strategi inovasi bisnis sebagai upaya peningkatan keunggulan kompetitif dan pertumbuhan bisnis UMKM industri kreatif di era digital. Global Leadership Organizational Research in Management, 1(4), 371–386.

Mujib, F., & Saptiningsih, T. (2020). School branding: Strategi di era disruptif. Bumi Aksara.

Novita, D., Hidayatulloh, A. N., Renwarin, J. M., Santoso, R., & Mardikaningsih, R. (2022). Relationship between eco transformational leadership, eco training, and employee eco behavior on sustainable corporate performance of SMEs. Frontiers in Psychology, 13, 1–4.

Novitaningrum, D. T., Fuady, A. H. R., Pertiwi, D. Y., Mardikaningsih, R., Darmawan, D., Halizah, S. N., & Hardyansah, R. (2023). Klasifikasi data UMKM di Desa Wilayut untuk mengetahui dan upaya peningkatan ekonomi masyarakat. Pandawa: Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(4), 221–228.

Putro, H. P. N., Anis, M. Z. A., Arisanty, D., & Hastuti, K. P. (2020). Traditional South Kalimantan Indonesia fabrics contribution on the regional economic development. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 9834-9847.

Rahmah, R., Hasanah, M., & Mutiani, M. (2021). The integration of local content on action materials-economic principles related to human needs. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 143-150.

Ramadhan, R. I., Islam, M. R., Halizah, S. N., Retnowati, E., Hardyansah, R., & Saputra, R. (2023). Seminar pengembangan omset UMKM dengan sertifikasi halal. Pandawa: Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(4), 229–235.

Satria, V. Y., Anjanarko, T. S., Wibowo, A. S., Hardyansah, R., Jahroni, J., Majid, A. B. A., & Dzinnur, C. T. I. (2024). Peningkatan daya saing dan keberlanjutan usaha mikro di Surabaya. Economic Xenization Abdi Masyarakat, 2(2), 21–31.

Sidqi, M. H., Badriyah, L., Masnawati, E., Mardikaningsih, R., Hariani, M., Darmawan, D., & Hardyansah, R. (2024). Digitalisasi marketing dalam upaya peningkatan penjualan pada UMKM konveksi topi baret. Masyarakat Mandiri: Jurnal Pengabdian Dan Pembangunan Lokal, 1(3), 31–42.

Sinambela, E. A., Putra, A. R., Arifin, S., Dahar, D., & Masithoh, N. (2023). Pelatihan pemasaran menggunakan media sosial pada pedagang di pasar tradisional baru Betro Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandiri (JPMM), 1(2), 73–76.

Surahmah, S., Mardikaningsih, R., Masnawati, E., El-Yunusi, M. Y. M., Dzinnur, C. T. I., Darmawan, D., & Pakpahan, N. H. (2024). Optimalisasi potensi pasar lokal: Peluang pemasaran UMKM dengan media digital. Pandawa: Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 61–74.

Tambunan, T. (2012). Usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia: Isu-isu penting. Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).

Umdiana, D., Rahmawati, L., & Fathurrahman, A. (2018). Peran pemahaman pasar dalam pengembangan UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(4), 256-270.

Downloads

Published

2024-10-28

How to Cite

Rizma Melina Oktabian Alifani, Nadifa Salsabilah, Alfina Rahma, Mila Hariani, Rommy Hardyansah, Misbachul Munir, & Jahroni Jahroni. (2024). Pengembangan UMKM Dengan Pembuatan Daftar Menu Menarik dan Banner di Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Bumi : Jurnal Hasil Kegiatan Sosialisasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 195–207. https://doi.org/10.61132/bumi.v2i4.446