Pendampingan Pembelajaran Al-Qur’an Menggunakan Clasical Peraga Melalui Media Audio Visual di TPA Ar-Rasyid Palangka Raya

Authors

  • M.Luquman Hakim IAIN Palangka Raya
  • Zaini Rahman IAIN Palangka Raya
  • Surawan Surawan IAIN Palangka Raya
  • Fitriani Fitriani TPA Ar-Rasyid Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.61132/bumi.v3i2.762

Keywords:

Learning Literature Al-Qur'an, Metode Iqro, Participatory Action Research, TPA Ar-Rasyid

Abstract

Abstract This study aims to improve the quality of learning to read the Qur’an for children at TPA AR-Rasyid through the application of the Iqro method. The Iqro method is an approach to learning to read the Qur’an that emphasizes conformity to the rules of tajwid and the use of songs and distinctive rhythms. This study uses a qualitative approach with the Participatory Action Research (PAR) methodology. The results of the study indicate that the application of the Iqro method at TPA Ar-Rasyid can improve students’ ability to read the Qur’an and foster their enthusiasm in studying the Qur’an. The Iqro method has proven effective in creating a generation of fluent Qur’an readers who are committed to the teachings of Islam

References

Abdurrohim, A., & Hartati, S. H. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Adobe flash Metode Tilawati Terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Berdasar Perbedaan Usia Peserta Kursus Pemula Pesantren Al Qur’an Nurul Falah Surabaya. JKIP: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2). http://www.journal.al-matani.com/index.php/jkip/article/view/485

Agustin, M. W., Safitri, S. A., Surawan, S., & Nirwanto, R. (2025). Pendampingan Kegitan Pengenalan Makhorijul Huruf Dengan Metode Iqro Di TKA/TPA Nurul Ihsan Palangkaraya. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4 (3). https://doi.org/10.56799/joongki.v4i3.8475

Alamsyah, A., Maulana, AM, Surawan, S., & Lenita, LA (2025). PENGENALAN SEJARAH ISRA MI'RAJ DENGAN MEDIA LAGU PADA ANAK USIA SEKOLAH DI PENGAJIAN MASJID AR-RASYID.Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/952

Aulia, A., Rahmawati, I., Nisa, S. T., Kholik, T. A., & Akbar, R. T. M. (2021). Aktualisasi Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqro’ guna Meningkatkan Kualitas Pemahaman Al Quran Actualization of Al-Qur’an Reading and Writing Learning Strategies with the Iqro ’Method to Improve the Quality of Al-Quran Comprehens. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1(15). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/549/485.

Budiyanto, B., Rahmah, H., & Ma’rifah, N. S. (2023). Khotmil Qur’an Upaya Peningkatan Kesadaran Masyarakat Pentingnya Menghatamkan Al-Qur’an Di Desa Blimbing Besuki Situbondo. Khidmah: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). http://ejournal.stiqwalisongo.ac.id/index.php/Khidmah/article/view/710/177

Erduran, S., & Mugologlu, E., Z. (2013). Philosophy of chemistry in chemical Education: recent trends and future Directions. In M.R. Matthews (Ed), International handbook of research in History, philosophy, and science teaching. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-94-007-7654-8_10

Fahrianur, F., Wahdah, N., Muslimah, M., & Hamidah, H. (2022). Pendampingan Belajar Al-Qur’an Dengan Penerapan Metode Iqra’ Di Tpa Al-Muhajirin Sidomulyo Kelurahan Tumbang Tahai. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(3). https://doi.org/10.29303/jppm.v5i3.3786

Fajriah, N. H., Karim, N., & Iqra, M. (2024). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Konsep Dasar Matematika di Sd Inpres Teamate Kecamatan Pattallassang Abdurrohim, Sulis Janu Hartati, M. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Adobe Flash Metode Tilawati Terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Berdasar Perbedaan Usia Peserta Kursus Pemula Pesantren Al Qur’an Nurul Falah Surabaya. JKIP: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2). https://etdci.org/journal/patikala/article/view/1114

Haryati, E. (2021). Upaya Mengenalkan Huruf Hijaiyah Bagi Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Tilawati. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.30631/smartkids.v3i2.96

Kustianingrum, A. (2020). Peranan Metode IQRO’pada Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA). 2(1). http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/1054

Laily, S. R. N., & Syarif, N. (2023). Efektifitas Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’an di SMK Muhammadiyah 1 Prambon Nganjuk. Indonesia Journal of Islamic Education Studies, 1(3). https://journal.pusmedia.com/index.php/INJURIES/article/view/58

Maulana, A., Anam, A. M. K, & Surawan, S. (2025). Pengenalan Bacaan Huruf Hijaiyyah Menggunakan Metode Tilawati Di TPA Al-Husna Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 3 (2). https://doi.org/10.59837/jpmba.v3i2.2200

Missouri, R., Alamin, Z., Mayada, M., & Safitriani, N. (2025). Peran Guru Pai Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqro. 24(1). https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/kreatif/article/view/3954/1234

Mudhofar, Z., Shidiq, N., & Suyud, R. (2021). Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca, Menulis, Dan Menghafal Al Qur’an Di Sd Al Madina Wonosobo. Ta’dib (Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Peradaban Islam. 3(2). https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/takdib/article/view/5694

Murdani, M., & Abdullah, A. (2020). Strategi Dayah Darutthalibin Al-Aziziyah Dalam Penerapan Metode Iqra’ Terhadap Kemampuan Belajar Al-Qur’an. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2). https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jiat/article/view/167

Muslim, I. F., Ranam, S., & Priyono, P. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran dengan Pelatihan. PUNDIMAS: Publikasi Kegiatan Abdimas, 1(2). https://doi.org/10.37010/pnd.v1i2.680

Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca. Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/567

Nur, I. R., & Aryani, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’ pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 2(3). https://doi.org/10.37481/jmh.v2i3.474

Rosi, F., & Faliyandra, F. (2020). URGENSI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BAGI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Auladuna. https://ejournal.uas.ac.id/index.php/auladuna/article/view/579/405

Saodah, S. (2022). Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca: Di Sd Salman Al-Farisi Full Day School Bandung. Islamic Journal of Education, 1(1). http://journal.iaipibandung.ac.id/index.php/ijed/article/view/1

Setiyawan, H. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874

Sutarti, S., & Suherman, S. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Belajar Iqro’ Berbasis Android Bagi Anak-Anak Desa Tamiang. Jurnal Pengabdian Kepada MasyarakaT, 3(1). https://e-Jurnal.lppmunsera.org/index.php/dasabhaKti/article/download/8160/2942

Wardani, L., Taufiq, H. N., & Umiarso, U. (2023). Metode Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Metode.Iqro’ bagi Penyandang Tunarungu. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.46963/alliqo.v8i2.1151

Zainuri, F. P., & Huda, H. (2023). Mengembangkan Kemampuan Menghafal Huruf Hijaiyah Melalui Media Puzzle Anak Usia 5-6 Tahun. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.30631/smartkids.v5i1.141

Downloads

Published

2025-04-26

How to Cite

M.Luquman Hakim, Zaini Rahman, Surawan Surawan, & Fitriani Fitriani. (2025). Pendampingan Pembelajaran Al-Qur’an Menggunakan Clasical Peraga Melalui Media Audio Visual di TPA Ar-Rasyid Palangka Raya. Bumi : Jurnal Hasil Kegiatan Sosialisasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 24–32. https://doi.org/10.61132/bumi.v3i2.762

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.