Analisa Pengaruh Oversize Piston pada Mesin Sepeda Motor Tipe Beat Karbu 110 cc dan Vario Karbu 110 cc

Authors

  • Eko Aprianto Nugroho Universitas Gunadarma
  • Abdul Muchlis Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.61132/mars.v2i3.170

Keywords:

Bore Up, Motor Bakar, Sepeda Motor.

Abstract

Oversize berguna untuk meningkatkan performa kinerja mesin pada motor.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan nilai uji kompresi, torsi, dan  performa  mesin sepeda motor Vario dan Beat dengan perpindahan antara 110 cm3 dan 115 cm3. Oleh karena itu, digunakan metode oversizing dengan mengganti piston mesin sepeda motor Beat dan Vario untuk membandingkan nilai uji kompresi, torsi, dan tenaga. Nilai kompresi yang dihasilkan mesin sepeda motor Beat dan Vario 110 cm 3 sebelum oversize menjadi 115 cm 3 adalah 9,2: 1.  Hasil  nilai kompresi  mesin sepeda motor Beat dan Vario 110 cm 3 dan Beat 110 cm 3 setelah oversizing menjadi 115 cm 3 12.  06 : 1. Dicapai pada mesin sepeda motor tipe Beat sebelum oversizing menjadi 115 cm 3 Nilai torsi sebesar 16,37 Nm , yang turun menjadi 14,65 Nm setelah oversize. Nilai torsi yang dicapai mesin sepeda motor Vario sebelum ditingkatkan menjadi 115 cm3 adalah 15,28 Nm, sedangkan setelah ditingkatkan hasilnya meningkat menjadi 16,78 Nm. Hasil nilai performa  mesin sepeda motor Vario sebelum oversizing menjadi 115 cc menunjukkan nilai horsepower sebesar 6,9 hp pada 4547 rpm, meningkat menjadi 7,1 hp pada 4575 rpm setelah oversizing. Nilai performa  mesin sepeda motor tipe Beat sebelum oversizing menjadi 115cm3 menunjukkan nilai horsepower sebesar 7,2 hp pada 3686 rpm, meningkat menjadi 7,6 hp pada 5852 rpm setelah oversizing.

References

Karan Supriadi, Wagino and Toto Sugiarto. 2017. Variasi Oversize Piston, Pengaruh Variasi Oversize Piston Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Mio Sporty. Padang. hlm 2.

Manaseh, Suherna, Eko Purwanto. 2018. Analisis Performansi Engine Setelah Oversize Blok Silinder 0,50 Mm Pada Honda Astrea Grand 4 Langkah. Balikpapan: Politeknik Negeri Balikpapan.

Ahmad Wahyu Romadlhon, Budiyono, Arif Feriansah. 2020. Perbandingan Diameter Piston 57 Mm, 59 Mm dan 62 Mm Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Yamaha Vixion 150 Cc Tahun 2012. Pekalongan: Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.

Fitri wjayanti, Dadan Irwan. 2014. Analisis Pengaruh Bentuk Permukaan Piston Terhadap Kinerja Motor Bensin. Bekasi: Universitas Islam 45.

Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan. 2018. Memperbaiki Engine Berikut Komponen Komponennya. Malang: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif Dan Elekronika.

P Anggy Dewanto. 2022. Pengaruh Modifikasi Porting Dan Polish Terhadap Performa Sepeda Motor Honda Cbr 150r. Jakarta: Universitas Darma Persada.

R. Bagus Suryasa Majanasastra. 2015. Pengaruh Variable Waktu(Aging Heat Treatment) Terhadap Peningkatan Kekerasan Permukaan Dan Struktur Mikro Kepala Piston Sepeda Motor Honda Vario. Bekasi: Universitas Islam 45.

Karan Supriadi, Wagino, Toto Sugiarto. 2017. Pengaruh Variasi Oversize Piston Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Mio Sporty. Padang: Jurusan Teknik Otomotif FT UNP.

Yohanes Christian S. 2016. Pengaruh Variasi Rasio Kompresi Terhadap Prestasi Mesin Motor Bakar 4 Langkah Berbahan Bakar Lpg. Jember: Universitas Jember.

M. Debi Rahman, N. Arya Wigraha, G. Widayana. 2017. Pengaruh Ukuran Katup Terhadap Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor Honda Supra Fit. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Nurhadi, Pondi Udianto, Achmad Walid. 2014. Analisis Prosedur Pembesaran Ukuran (Oversize) Diameter Silinder dan Pengaruhnya Terhadap Daya Mesin. Malang: Politeknik Negeri Malang.

Published

2024-06-25

How to Cite

Nugroho, E. A., & Abdul Muchlis. (2024). Analisa Pengaruh Oversize Piston pada Mesin Sepeda Motor Tipe Beat Karbu 110 cc dan Vario Karbu 110 cc. Mars : Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Ilmu Komputer, 2(3), 179–187. https://doi.org/10.61132/mars.v2i3.170