Pengaruh Viskositas Minyak Rem dan Tekanan Fluida Terhadap Jarak Pengereman Pada Sepeda Motor 125 CC
DOI:
https://doi.org/10.61132/mars.v3i3.862Keywords:
Braking performance, disc brake system, viscosityAbstract
The braking system is a crucial component that affects driving safety on motor vehicles, especially motorcycles. The purpose of this study was to determine how brake fluid viscosity and brake fluid pressure affect braking distance. Brake fluids A (12,001 cSt), B (11,120 cSt), and C (10,958 cSt) are three types of brake fluids that vary, along with brake fluid pressure, which ranges from 1.5 to 4.5 bar. A 7 mm bolt that is 70 mm long and drilled into the brake lever is used to limit the pressure. Based on the results of the study, braking distance is affected by fluid pressure and viscosity. With the same fluid pressure of 4.5 bar, brake fluid A is able to brake at the farthest distance of 25.01 meters, brake fluid B is able to brake at the middle distance of 23.12 meters, and brake fluid C is able to brake at the shortest distance of 21.79 meters.
References
Alfianto. (2024). Pengaruh penambahan surfaktan estolida dan digliserida pada pelumas minyak goreng terhadap temperatur mesin dan daya [Laporan akhir, Politeknik Negeri Malang].
Altaufan, O. G. (2022). Pengaruh putaran, jumlah lubang cakram, dan beban pada pedal rem terhadap pelepasan panas dan waktu pengereman [Laporan akhir, Politeknik Negeri Malang].
Baruddin, L. O. M. A., & Pranoto, H. (2020). Analisis pengaruh kecepatan terhadap jarak dan waktu pengereman pada mobil hybrid urban KMHE 2018. Jurnal Teknik Mesin, 9(3), 195. https://doi.org/10.22441/jtm.v9i3.4998
Cundiff, J. S. (2002). Fluid power circuits and controls: Fundamentals and applications. CRC Press.
Fadillah, Y. (2023). Analisis dinamik rem cakram (disc brake) pada sepeda motor Supra X 125 [Laporan akhir, tanpa keterangan institusi].
Husein, M. A. S. (2020). Analisa pengaruh variasi merek kampas rem diskbreak sepeda motor Honda Supra X 125 terhadap kinerja rem, 2(1), 1–49.
Irvan Saputro, F., & Pranoto, H. (2022). Analisis daya pengereman pada rem cakram roda depan kendaraan motor listrik E-niaga. Journal of New Energies and Manufacturing (JONEM), 1(2), 82–93.
Kepolisian Republik Indonesia. (2024, Oktober 10). Kecelakaan lalu lintas di Indonesia didominasi oleh kendaraan roda dua. https://korlantas.polri.go.id/index.php/2024/10/10/kecelakaan-lalulintas-di-indonesia-didominasi-oleh-kendaraan-roda-dua/
Maulana, A., Prasetyo, I., & Towijaya, T. (2021). Pengaruh pemilihan kampas rem pada roda depan Honda Sonic 150R. Surya Teknika, 5(2), 48–53. https://doi.org/10.48144/suryateknika.v5i2.1336
Permana, A. N., & Firdaus, A. H. (2024). Perbandingan penggunaan caliper racing dan kecepatan terhadap jarak pengereman roda depan sepeda motor matic 110cc, 3(3). (Mohon dilengkapi nama jurnal jika ada)
Reksa, M. A. (2023). Pengaruh viskositas minyak rem, material kampas rem, dan kecepatan sepeda motor terhadap jarak pengereman [Laporan akhir, Politeknik Negeri Malang].
Saputra, A. A., & Munandar, M. R. (2022). Analisis dinamik rem cakram (disc brake) atau rem piringan pada sepeda motor Supra X 125. Teknobiz: Jurnal Ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin, 12(2), 83–90. https://doi.org/10.35814/teknobiz.v12i2.3612
Sisilia, A. (2024). Peningkatan kualitas minyak pelumas bekas PT. Pupuk Kujang Cikampek menggunakan adsorben dan penambahan aditif untuk meningkatkan kekentalan [Laporan akhir, Politeknik Negeri Malang].
Sopiyan, Syaka, D. R. B., & Iqbal, M. R. (2023). Efek penggunaan double dan single piston caliper terhadap waktu dan jarak tempuh pada pengereman sepeda motor 125 cc, 8, 18–27. (Mohon lengkapi nama jurnal jika tersedia)
Syahdanni, L. R. A., & Sutantra, I. N. (2018). Studi eksperimen pengaruh temperatur dan viskositas pelumas terhadap performa kendaraan transmisi manual (Honda Sonic 150R). Jurnal Teknik ITS, 7(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v7i2.33447
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mars : Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Ilmu Komputer

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.