Literature Review : Pemanfaatan YouTube dalam Pembelajaran

Authors

  • Muhammad Makmur Hasan STMIK Borneo Internasional Balikpapan
  • Joy Nashar Utamajaya STMIK Borneo Internasional Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.61132/merkurius.v2i5.295

Keywords:

YouTube, pembelajaran daring, teknologi digital, pendidikan, pandemi COVID-19, media pendidikan, interaktivitas.

Abstract

YouTube telah menjadi platform utama dalam berbagi dan mengakses video dengan berbagai informasi yang tersedia kapan saja dengan koneksi internet. Di era Revolusi Industri 4.0, integrasi teknologi digital dalam pendidikan semakin penting, khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris, yang merupakan bahasa internasional. Pandemi COVID-19 menambah kompleksitas pembelajaran daring, menuntut adaptasi pada sarana, media, dan metode pengajaran. YouTube, sebagai media pembelajaran, menawarkan berbagai keuntungan seperti aksesibilitas, kemudahan penggunaan, dan interaktivitas, yang sesuai dengan kebutuhan generasi digital yang cenderung mencari metode belajar yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi YouTube sebagai alat pembelajaran, mengidentifikasi tantangan dan manfaatnya, serta memberikan rekomendasi untuk penerapannya dalam konteks pendidikan modern. Temuan menunjukkan bahwa YouTube dapat menjadi sumber belajar yang efektif jika dikelola dengan baik, dengan memperhatikan konsistensi dan relevansi konten. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa YouTube memiliki peran signifikan dalam mendukung pembelajaran peserta didik di era digital, terutama di masa pandemi.

Published

2024-07-28

How to Cite

Muhammad Makmur Hasan, & Joy Nashar Utamajaya. (2024). Literature Review : Pemanfaatan YouTube dalam Pembelajaran. Merkurius : Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika, 2(5), 126–136. https://doi.org/10.61132/merkurius.v2i5.295

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.