Literature Review : Pemanfaatan YouTube dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.61132/merkurius.v2i5.295Keywords:
YouTube, pembelajaran daring, teknologi digital, pendidikan, pandemi COVID-19, media pendidikan, interaktivitas.Abstract
YouTube telah menjadi platform utama dalam berbagi dan mengakses video dengan berbagai informasi yang tersedia kapan saja dengan koneksi internet. Di era Revolusi Industri 4.0, integrasi teknologi digital dalam pendidikan semakin penting, khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris, yang merupakan bahasa internasional. Pandemi COVID-19 menambah kompleksitas pembelajaran daring, menuntut adaptasi pada sarana, media, dan metode pengajaran. YouTube, sebagai media pembelajaran, menawarkan berbagai keuntungan seperti aksesibilitas, kemudahan penggunaan, dan interaktivitas, yang sesuai dengan kebutuhan generasi digital yang cenderung mencari metode belajar yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi YouTube sebagai alat pembelajaran, mengidentifikasi tantangan dan manfaatnya, serta memberikan rekomendasi untuk penerapannya dalam konteks pendidikan modern. Temuan menunjukkan bahwa YouTube dapat menjadi sumber belajar yang efektif jika dikelola dengan baik, dengan memperhatikan konsistensi dan relevansi konten. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa YouTube memiliki peran signifikan dalam mendukung pembelajaran peserta didik di era digital, terutama di masa pandemi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Merkurius : Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.