Analisis Keefektifan Website Wordwall dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa Kelas 5 pada SDN 1046607 Sei Rotan

Authors

  • Maria Ulfa Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Maya Sari Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad Taufik Alafkari Siahaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61132/neptunus.v3i1.578

Keywords:

Learning Media, Wordwall, Interest in Learning

Abstract

The decline in student interest in learning in case studies among 5 students at SDN 104607 Sei Rotan has become a significant challenge at SDN 104607 Sei Rotan. This research aims to evaluate the effectiveness of using Wordwall-based learning media in increasing interest in learning PAI among students. The research method used is quasi-experimental research with a pre-test and post-test design in two groups, namely the control group and the experimental group. Data was collected through a learning interest questionnaire and analyzed using the t- test to measure significant differences between the control and experimental groups. The research results show that the use of Wordwall-based learning media significantly improves case studies for 5 students compared to conventional methods.

References

Akrim. “Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa.” Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2021, Andi Achru P. “Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran.” Jurnal Idaarah”Vol. III,

No. 2 (Desember 2019):

Anjelina, W., Firman, F., & Desyandri, D. “Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VI SD Negeri 13 Pasar Kambang.”MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran,”7(1), 2021, Djaali,

H. “Psikologi Pendidikan.”Bumi Aksara, 2023.

Hidayati, Elvi Ridho. “Komparasi Minat Belajar Siswa Pada Penggunaan Media Pembelajaran Web Wordwall dan Paper Test di MI Ma‘arif Patihan Wetan.” Skripsi, IAIN Ponorogo, 2022,

Ichsani, A. Y., Adelia, A., Restriari, R., Hardoko, A., & Hatta, H. “Implementasi Media Wordwall Dan Partisipasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran PKN.” In “Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman”, Vol. 4, 2023,

Isti Nasaroh, and H. M. Hidayatu Munawaroh. “Pengaruh Penggunaan Media Game Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Pada Pembelajaran Online Kelas III SD Negeri Sitiharjo Garung Tahun Pelajaran 2021/2022.” “Repository FITK Unsiq,” 2022.

Nurillah, A. S., & Muid, D. “Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD), Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah” (Disertasi Doktor), Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 2014.

Pradani, T. G. “Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.” “Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan,” 1(5), 2022,

Qurniawan, M. F., Nurmawati, I., & Sahlan, M. “Pengembangan Instrumen Penilaian Berbantuan Wordwall pada Materi Sistem Koordinasi untuk Siswa Kelas XI IPA.” “Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi,” 11(2), 2023,

Rizki Nurhana Friatini and Rahmat Winata. “Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika.” *Jurnal Pendidikan Matematika,” 4 (2019): 7, https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870.

Suwandi, Tiara Habibi. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Creative Problem Solving Berbantuan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Smk Akp Galang.” Disertasi, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara, 2023.

Downloads

Published

2024-12-14

How to Cite

Maria Ulfa, Maya Sari Hasibuan, & Ahmad Taufik Alafkari Siahaan. (2024). Analisis Keefektifan Website Wordwall dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa Kelas 5 pada SDN 1046607 Sei Rotan. Neptunus: Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(1), 09–17. https://doi.org/10.61132/neptunus.v3i1.578

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.