Peningkatan Sertifikasi Halal dan Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Desa Pesawahan Probolinggo

Authors

  • Lian Fuad UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Aulia Ferlinda Windi Lestari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Fiqih Aqilla Ekowidi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Ilham Nur Yahya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Khoirotun Nisa’ Azzahro Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Wahyu Nindar Diah Permata Santi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Lian Fuad Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Ahmad Mansur Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

DOI:

https://doi.org/10.61132/bumi.v2i2.193

Keywords:

Halal Certification, Marketing, UMKM, Small Medium Enterprise

Abstract

Artikel ini berfokus pada edukasi dan pendampingan sertifikasi halal dan digital marketing yang memberikan dampak peningkatan dalam penjualan UMKM. Pengabdian dilakukan dengan sosialisasi, pendampingan, dan pelatihan. Pengabdian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) yang didasarkan pada pemberdayaan aset masyarakat. Tahapan ABCD meliputi 5 tahap yakni, 1) Inkulturasi, 2) Discovery, 3) Design, 4) Define, dan 5) Reflection. Pengabdian menghasilkan bahwa UMKM di Desa Pesawahan telah berhasil memahami pentingnya sertifikasi halal dan pemasaran digital, meningkatkan daya saing mereka, dan memperluas jangkauan produk secara signifikan yang mencerminkan peran krusial kolaborasi antara pemerintah, masyarakat lokal, dan pemangku kepentingan lainnya dalam mendukung pertumbuhan UMKM di era digital.

References

Afandi, Agus, Nabiela Laily, Noor Wahyudi, Muchammad Helmi Umam, Ridwan Andi Kambau, and Siti Aisyah Rahman. Metodologi Pengabdian Masyarakat. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2022. http://diktis.kemenag.go.id.

Agustina, Yuli, Heri Pratikto, Madziatul Churiyah, Buyung Adi Dharma, and Universitas Negeri Malang. “Pentingnya Penyuluhan Sertifikasi Jaminan Produ Halal Untuk UKM.” Jurnal Graha Pengabdian 1 (2019): 139–150.

Paramita, Metti, Sofian Muhlisin, and Ikhsan Palawa. “Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal.” Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (April 17, 2018): 19.

Published

2024-04-30

How to Cite

Lian Fuad, Aulia Ferlinda Windi Lestari, Fiqih Aqilla Ekowidi, Ilham Nur Yahya, Khoirotun Nisa’ Azzahro, Wahyu Nindar Diah Permata Santi, … Ahmad Mansur. (2024). Peningkatan Sertifikasi Halal dan Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Desa Pesawahan Probolinggo. Bumi : Jurnal Hasil Kegiatan Sosialisasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 07–15. https://doi.org/10.61132/bumi.v2i2.193

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.