Peningkatan Sertifikasi Halal dan Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Desa Pesawahan Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.61132/bumi.v2i2.193Keywords:
Halal Certification, Marketing, UMKM, Small Medium EnterpriseAbstract
Artikel ini berfokus pada edukasi dan pendampingan sertifikasi halal dan digital marketing yang memberikan dampak peningkatan dalam penjualan UMKM. Pengabdian dilakukan dengan sosialisasi, pendampingan, dan pelatihan. Pengabdian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) yang didasarkan pada pemberdayaan aset masyarakat. Tahapan ABCD meliputi 5 tahap yakni, 1) Inkulturasi, 2) Discovery, 3) Design, 4) Define, dan 5) Reflection. Pengabdian menghasilkan bahwa UMKM di Desa Pesawahan telah berhasil memahami pentingnya sertifikasi halal dan pemasaran digital, meningkatkan daya saing mereka, dan memperluas jangkauan produk secara signifikan yang mencerminkan peran krusial kolaborasi antara pemerintah, masyarakat lokal, dan pemangku kepentingan lainnya dalam mendukung pertumbuhan UMKM di era digital.
References
Afandi, Agus, Nabiela Laily, Noor Wahyudi, Muchammad Helmi Umam, Ridwan Andi Kambau, and Siti Aisyah Rahman. Metodologi Pengabdian Masyarakat. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2022. http://diktis.kemenag.go.id.
Agustina, Yuli, Heri Pratikto, Madziatul Churiyah, Buyung Adi Dharma, and Universitas Negeri Malang. “Pentingnya Penyuluhan Sertifikasi Jaminan Produ Halal Untuk UKM.” Jurnal Graha Pengabdian 1 (2019): 139–150.
Paramita, Metti, Sofian Muhlisin, and Ikhsan Palawa. “Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal.” Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (April 17, 2018): 19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bumi : Jurnal Hasil Kegiatan Sosialisasi Pengabdian kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.