Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Authors

  • Cindy Alya Putri Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Annisaa Irsalina Razita Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Nila Mahardika Tiara Sari Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Zulfiqli Kurniawan Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.61132/mars.v2i4.257

Keywords:

Mobile Legends, Game Online, Prokrastinasi, Kualitatif

Abstract

Saat ini penggunaan game online di kalangan mahasiswa sangat meningkat, salah satunya yaitu game online, mahasiswa sering meluangkan waktu untuk bermain Mobile Legends. Hal ini menyebabkan terganggunya aktivitas akademik pada dunia perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat prokrastinasi dari pengaruh bermain game online Mobile Legends pada Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan menggunakan metode kualitatif. Sampel penelitian ini diambil dari mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2022. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan menjabarkan fakta dan data yang didapat dari sumber data yang ada. Data diambil menggunakan wawancara dan observasi angket. Penelitian ini menunjukan bahwa game online Mobile Legends mempengaruhi perilaku prokrastinasi pada mahasiswa. Hal ini dapat ditunjukan mahasiswa yang memainkan Mobile Legends menunda tugas dengan sengaja. Oleh karena itu, disarankan agar mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Ponorogo dapat mengurangi intensitas bermain Mobile Legends untuk mengurangi prokrastinasi akademik. Dari Universitas juga dapat memberikan sosialisasi pengaruh intensitas bermain Mobile Legends terhadap pengaruh akademik.

Published

2024-07-21

How to Cite

Cindy Alya Putri, Annisaa Irsalina Razita, Nila Mahardika Tiara Sari, & Zulfiqli Kurniawan. (2024). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Mars : Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Ilmu Komputer, 2(4), 208–221. https://doi.org/10.61132/mars.v2i4.257

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.